My Choco – Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstrak biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Kata Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan.

Secara teknis, espresso diperoleh ketika 45 ml air disemburkan melewati 7 hingga 9 gr kopi bubuk pada temperatur 90 °C dengan tekanan 9 atmosfer.

Lalu bagaimana membuat espresso tanpa mesin espresso? Apakah kualitas dan aromanya akan sama seperti pembuatan dengan menggunakan mesin espresso?

Alat umum untuk membuat espresso antara lain seperti Classic Drip/Vietnam Drip, Syphon, Moka Pot, French Press dan lain-lain.

Kepekatan espresso bisa dihasilkan dari alat ini, aroma dan rasanya tidak kalah dengan menggunakan espresso machine. Salah satu metode yang akan kita gunakan sebagai contoh adalah dengan menggunakan Classic Drip.

Langkah-langkah membuat espresso dengan Classic Drip:

  1. Siapkan bubuk kopi sekitar 10gimg membuat espresso dengan classic drip
  2. Padatkan kuat kopi yang sudah masuk pada coffe drip dengan alat pemadatnya lalu ratakanlah.
  3. Didihkan air kemudian tuang ke dalam coffee  drip hingga penuhimg membuat espresso sendiri
  4. Kemudian tutup dengan penutup Classic Drip. Nantikan selama 5-10 menit  hingga sari kopi habis menetes.img coffee drip

 

Hasil espresso ini bisa dijadikan olahan minuman lagi seperti Espresso con panna, Espresso macchiato, Americano, Cappuccino, Caffe latte, dsb.

  • Espresso macchiato, espresso yang diberi susu berbuih di atasnya.
  • Espresso con panna, espresso yang diberi krim kocok di atasnya.
  • Cappuccino, terbuat dari espresso, susu yang diuapkan, dan susu berbuih.
  • Americano, espresso dengan ditambah air panas.
  • Caffe latte terbuat dari espresso dan susu yang diuapkan. Untuk membuat caffe latte, isi cangkir dengan 1,5 oz. espresso, dan tuangkan uap susu ke atasnya sampai 7/8 penuh.

Nah, resep sudah membuat espresso sudah jadi, siap berkreasi dengan espresso? 😀

 

img: http://ahlikopilampung.com/ | tokoone.com


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *