My Choco Indonesia – Merintis sebuah usaha barangkali bukan suatu perkara yang mudah. Banyak hal-hal penting yang perlu dipersiapkan. Mulai dari pasarnya, jenis usahanya, modalnya, hingga pola pemasarannya. Perlu direncanakan secara matang. Jika Anda tidak begitu serius dalam membangun sebuah usaha, usaha tersebut bisa malah mengalami kerugian karena tidak berkembang.

Oleh karena itu, tak sedikit calon pengusaha yang pada akhirnya memakai jasa konsultan bisnis dengan harapan untuk mendapatkan suatu strategi serta perencanaan yang matang sebelum memulai bisnisnya. Lalu bagaimana dengan diri Anda? Dengan modal yang pas-pasan misalnya, mungkin akan sulit jika harus menggunakan jasa konsultan bisnis.

Maka dari itu, di bawah ini kami rangkum beberapa tips atau langkah yang bisa Anda ikuti sebelum Anda buka usaha sendiri.

 

img langkah buka usaha sendiri

Businessman thinking on next move | img: decisionstrat.com

 

1. Tentukan Jenis Usaha yang Anda ingin Geluti

Memang hal ini perlu Anda pikirkan sebelum memulai sebuah usaha. Jika perlu, Anda harus memikirkannya matang-matang. Termasuk berpikir mengenai bagaimana besaran peluang sukses dari usaha tersebut. Apakah prospek bisnis tersebut cerah atau tidak.

Kalau bisa, usahakan bahwa jenis usaha tersebut sesuai dengan minat serta keahlian Anda. Hal ini perlu Anda pertimbangkan supaya nantinya Anda dapat nyaman dalam menjalankannya, bukan setengah hati untuk menjalankannya.

Pertama, Anda bisa mencoba untuk mencatat minat atau hal-hal yang Anda sukai. Kemudian buat daftar beberapa usaha yang ingin Anda rintis. Setelah itu, Anda bisa memilih salah satu usaha yang paling dekat dengan minat Anda.

Misalnya saja, Anda hobi dengan coklat dan bisa menyajikan coklat yang menarik. Maka Anda bisa memulai untuk membuka kedai coklat. Lain lagi jika Anda suka bermain sepak bola dan penggemar fashion. Maka Anda mungkin juga bisa merintis usaha butik atau berjualan jersey sepak bola.

 

2. Lakukan Survei dengan Segera

Setelah menentukan jenis usaha apa yang ingin Anda jalankan nantinya. Maka penting untuk melakukan survey lapangan. Mengapa harus survey segala? Memangnya sensus atau lagi skripsi?

Justru survey inilah hal yang penting tapi kadang tak sedikit pengusaha pemula yang lupa untuk melakukannya. Survey ini penting untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan bisnis Anda tersebut akan berhasil.

Kira-kira hal apa saja yang perlu disurvey?

  • Persaingan Pasar

Ketahui ada berapa banyak orang yang telah menjalankan usaha sejenis dengan usaha Anda tersebut. Anda perlu juga mencari informasi mengenai bagaimana kualitas serta ciri khas dari produk yang dijual pesaing. Mulai dari pelayanannya hingga harga yang ditawarkan. Dengan begitu, Anda akan bisa membuat sebuah strategi untuk dapat bersaing dengan pengusaha yang lainnya.

  • Survey Lokasi Usaha

Survey tempat atau lokasi juga perlu dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui tepat atau tidak kah usaha Anda ditempatkan. Misalnya saja, Anda ingin membuka sebuah tempat untuk usaha jajanan, maka akan lebih tepat jika Anda membuka tempat usaha di sekitar lokasi kantor atau sekolahan.

  • Perilaku Konsumen

Mengetahui perilaku konsumen juga merupakan hal yang penting bagi Anda. Sebisa mungkin bahwa jenis usaha yang ingin Anda bangun sesuai dengan minat konsumen atau pasar. Mau sebagus apapun konsep dari bisnis Anda, namun jika minat dari konsumen atau pasarnya tidak ada, bisa jadi Anda harus siap-siap untuk gulung tikar.

 

3. Mempersiapkan Modal

Merintis usaha dari nol, bukan berarti modalnya nol juga. Tapi pada dasarnya Anda tetap saja membutuhkan modal untuk merintis usaha tersebut. Berapakah modal yang Anda butuhkan? Ya tentu saja tergantung jenis usaha apa yang hendak Anda bangun dan seberapa besar usaha yang ingin Anda buka.

Pada umumnya, baik usaha dengan modal kecil maupun besar pada prinsipnya perlu mempertimbangkan perputaran modalnya. Sebisa mungkin jangan langsung habiskan seluruh modal Anda untuk investasi, namun sisakan minimal 40% dari modal Anda.

Hal tersebut berfungsi sebagai dana cadangan/talangan. Jadi, jika usaha Anda tidak berjalan sesuai dugaan atau terdapat kendala, maka masih ada dana untuk menghidupkan kembali usaha Anda. Atau setidaknya, Anda bisa berganti ke usaha yang lainnya.

 

4. Membuat Strategi Usaha dengan Cermat

Selain mempersiapkan modal, hal yang perlu Anda lakukan yaitu membuat strategi usaha Anda.

Bagaimana Anda akan mendesain produk Anda agar unik dan berbeda dari yang lainnya, juga bagaimana cara Anda memasarkan produk, cara Anda menjual, dan cara Anda mengatur keuangan bisnis Anda. Semua hal tersebut perlu Anda pikirkan dengan cermat.

Dan yang tak kalah penting, Anda juga harus mendaftarkan brand usaha Anda. Sehingga tidak ada pihak lain yang klaim produk/usaha Anda.

 

5. Membangun Mental Tanggu dan Lakukan Evaluasi

Terkadang mungkin langkah ini di anggap tidak penting. Namun sebenarnya langkah ini juga penting untuk Anda terapkan dalam bisnis Anda. Karena terkadang bisnis tidak berjalan mulus sehingga diperlukan mental yang kuat dan juga langkah evaluasi yang berkelanjutan.

img mitra waralaba minuman coklat my choco

Mitra My Choco

Buka Usaha dari Nol Bersama My Choco

Buka usaha sebenarnya akan menjadi suatu hal yang menarik untuk dijalankan jika Anda telah tahu kuncinya. Jika tidak memiliki modal yang besar, tapi memiliki tekad yang kuat serta sungguh-sungguh, maka  My Choco bisa Anda jadikan pilihan untuk memulai usaha Anda.

My Choco merupakan brand franchise minuman cepat saji yang juga membuka peluang kemitraan.

Franchise adalah pilihan yang tepat untuk dijalankan pengusaha pemula karena simpel, modal terjangkau dan kemudahan karena menjalankan brand yang telah dikenal.

Jadi Anda bisa langsung menjalankan usaha dengan lebih cepat, dan di samping itu juga Anda tak perlu khawatir, karena dalam bisnis franchise juga didukung oleh manajemen franchise.

Selain itu sebagai mitra franchise juga mendapatkan berbagai macam keuntungan.Maka, tunggu apalagi, yuk buka usaha bareng My Choco sekarang juga. Buka usaha yang menguntungkan? Ya buka usaha bersama My Choco jawabannya.

 

Hubungi segara My Choco:

HP/WA: 081390095672
BBM: D13D1B28

 

referensi: kudo.co.id


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *